Mengecat tembok kayu dinding dan bahan lainnya

harga cat kuas
Menggunakan roll untuk pengecatan

Kuas atau roll merupakan alat yang paling umum digunakan untuk mengecat tembok, dinding atap dan juga besi, kayu serta bahan lainnya untuk rumah maupun gedung. Ukurannya ada yang kecil, sedang maupun yang besar.
Bentuk dari roll dan kuas juga banyak ragamnya jika anda ke toko atau depo bangunan mereka akan menawarnkan berbagi ukuran, bentuk, kualitas dan harganya.

Untuk kuas bagian dasarnya adalah kepala, kemudian rambut serta pegangan. Bagaimana menentukan kuas yang bagus? Kualitas rambut sangat menentukan hasil pengecatan termasuk yang memegangya. Artinya rambut pada kuas tidak mudah rontok ketika anda melakukan pengecatan. Bagian paling gemuk dari rambut cat pada bagian tengah. Yang memegang rambut disebut juga dengan 'ferrule' yang terbuat dari bahan logam yang tidak mudah berkarat jika kualiasnya baik.
Untuk pegangan biasanya terbuat dari bahan kayu atau ada juga menggunakan bahan yang terbuat dari plastik.

Bahan dari rambut terbuat dari bulu hewan atau sintetis. Rambut tersebut harus ringan ketika anda mengecat dan juga harus mampu memegang cat dalam jumlah besar atau maksimum dari ukuran kuas. Bahan ini juga harus stabil ketika anda melakukan berulang-ulang.
Untuk kuas sintetis biasanya terbuat dari bahan polymer yang biasanya digunakan untuk melukis dan harus tahan terhadap bahan pelarut dan juga salah satu keuntungan memakai bahan sintetis.

Untuk bahan cat yang digunakan maka kuas juga terbagi atas bahan yang digunakan tersebut. Umumnya cat air dan minyak. Produsen cat akan memproduksi dengan merk yang sama pula, maka hati-hati dalam memilih cat dan juga kuas yang digunakan. Kekentalan cat sangat mempengaruhi kuas yang akan digunakan.

Lalu bagaimana dengan mengecat dengan roll? Tidak ada bedanya dengan menggunakan kuas. Biasanya menggunakan roll area yang dicat luas seperti dinding atau tembok. Keuntungan lain menggunakan roll adalah mempunyai tangkai yang panjang dan dapat disesuaikan dengan jamgkauan cat sehingga proses pengecatan juga lebih cepat dari menggunakan kuas. Hanya saja pengecatan dengan roll tidak membutuhkan presisi ketika anda mengecat seperti pada dinding dan tembok ataupun pada atap rumah.

Mengecat dengan roll biasanya sudah menyediakan cat dalam jumlah besar seperti dalam pail atau ember cat yang berbeda dengan cat menggunakan kuas seperti dalam kaleng sampai dengan ukuran kaleng kecil. Anda harus memperhatikan tinggi dari dinding yang akan anda cat. Tangkai dari cat dinding harus sampai pada ujung paling atas, walau anda menggunakan tangga sekalipun.

Ketika anda melakukan renovasi atau membangun rumah,  untuk tembok atau dinding setelah memelester berapa lama yang dibutuhkan agar dapat melakukan pengecatan? Sebenarnya ini sangat relatif karena ketika dinding dilakukan pemelesteran, tentu sudah harus kering benar dan bebas dari kelembaban, bisa dua atau tiga hari atau lebih lama.

Sebagai contoh, dapatkah genteng yang sudah terpasang dicat? Tentu saja ya karena yang dicat bagian luarnya sama saja mengecat bahan yang terbuat dari seng. Anda dapat menggunakan roll untuk pengecatan. Mengecat sebaiknya musim kering atau kemarau dan jangan pada musim hujan, Melakukan pengecatan pada pagi hari agar anda tidak terlalu lama terkena panas matahari yang menyengat.

Bagaimanapun juga kuas dan roll perlu perawatan, sehingga dapat digunakan berulang atau semaksimal mungkin. Jika anda selesai mengecat kuas atau roll harus direndam. Unntuk menggunakan bahan yang terbuat dari cat air kuas dan roll direndam dalam air dan dibersihkan sehhinnga bebas dari cat pada kuas tersebut. Begitu juga dengan menggunakan kuas dengan menggunakan cat minyak, kuas dibersihkan dengan minyak seperti bensin atau solar dari beban dari minyak dan kuas tidak beku.

13 comments:

  1. Selain kuas dan roll apalagi yang digunakan untuk melukis atau mengecat...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mengecat sering digunakan semprot, baik yang ukuran kecil seperti kaleng kecil seperti Pilox maupun dengan menggunakn ukuran besar seperti menggunakn kompressor.
      Untuk melukis banyak cara, terutama seniman dengan cara mereka yang unik-unik seperti dengan lidah nua sendiri, langsung dengan tangan tanpa menggunakn kuas, dengan cangkir kopi dan sebagainya....

      Delete
    2. Kalau untuk batik namanya canting....he...he....

      Delete
  2. Apa saja merk kuas dan roll yang bagus untuk mengecat dan melukis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau merk sih...hampir sama...dan setiap merk punya tingkatan kualitas juga...sebagai contoh untuk kuas dipakai reinforced headger, Via dan sebagainya....

      Delete
  3. Apakah bisa ngecat Clay dengan kuas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira bisa saja seperti menggunakan cat poster atau pewarna makanan.....

      Delete
  4. Kalau menggambar dengan cat air menggunakan apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu dengan kuas, kertas kanvas dan juga sering digunakan tissue untuk menyerap cat yang berlebihan

      Delete
  5. Apakah kuas make-up bisa digunakan untuk melukis..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah...bisa saja...hanya jika menggunakan cat kemungkinan bulu-bulu nya bisa rontok karena unsur kimia dari cat itu sendiri, sedangkan kuas untuk make-up bulu-bulunya sangat halus dan lembut

      Delete
  6. Bulu kuas katanya banyak yang terbuat dari bulu babi, bagaimana mengetahui bulu kuas tersebut terbuat dari bulu babi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya...kuas dengan merk Bristle diimport dari China dan kebanyakan menggunakan bulu babi, karena bulu babi melimpah dan harganya murah di China. Cara mengetahui rambut kuas menggunakan bulu babi atau bahan sintetis adalah mengambil beberapa helai bulu tersebut, kemudian dibakar.... kalau baunya sama dengan rambut yang terbakar maka kemungkinan besar terbuat dari bulu binatang (babi) karena adanya protein yang terbakar

      Delete